Semangat Kemerdekaan dan Bulan Ramadhan

Semangat Kemerdekaan dan Bulan Ramadhan

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka….

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Itulah sekilas tentang lagu kemerdekaan kita Indonesia raya…Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 di jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta, bapak kita Ir Soekarno telah membacakan proklamasi. Ditahun ini pulalah bulan Ramadhan menjadi saksi bisu dalam detik-detik pembacaan proklamasi… MERDEKA….MERDEKA…

Yupzzz…   di tahun ini bukan pertama kalinya kita merayakan kemerdekaan Indonesia di barengi dengan bulan Ramadhan. Peringatan kemerdekaan RI, merupakan suatu peristiwa yang selalu berulang setiap tahun berdasarkan tahun Masehi. Sedangkan bulan Ramadhan merupakan peristiwa yang selalu berulang mengikuti tahun Hijriah. Sudah  kita ketahui bersama jumlah kedua jenis tahun ini berbeda. Tahun Masehi terdiri dari 365 hari, sedangkan tahun Hijriah terdiri dari 354 hari. Ini artinya tahun Hijriah berulang lebih pendek sebanyak 11 hari setiap tahunnya.  Coba deh kita ingat kalau dulu Lebaran jatuh pada saat bulan Februari ? Ingatkah kita bahwa kita dulu pernah Lebaran jatuh berdekataan dengan Natalan yang berarti jatuh pada bulan Desember ?

He…he..he…., jarang – jarang loh kita akan melaluinya lagi.

Dulu bapak kita Ir Soekarno  membacakan proklamasi kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945, hari itu kebetulan bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1366 Hijriah. Peristiwa inilah yang berulang di tahun 2011 pada saat ini. Peringatan kemerdekaan RI di tahun 2011 ini jatuh pada saa bulan Ramadhan 1432H.

WAH…., Berarti dulu para pahlawan – pahlawan kita tetap semangat dan gigih untuk merebut kemerdekaan meskipun di bulan Ramadhan. Untuk itu seharusnya kita para pemuda senantiasa lebih semangat dari mereka karena puasa kita saat ini tidak dibarengi dengan peperangan ataupun penjajahan. Selain sebagai bulan pembakaran dan bulan yang lebih mulia dari sebelas bulan yang ada di bulan ini juga pernah menjadi saksi untuk kemenangan Islam saat kemenangan terhadap Makkah dan perang-perang lainnya oleh Rasullah SAW dan para sahabatnya.

Semangat untuk para pemuda Indonesia…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s